Website counter

Rabu, 23 Februari 2011

Penguasaan kosa kata 9 Vocab dalam bahasa Inggris

Penguasaan bahasa Inggris saat ini semakin terasa mendesak dan sangat perlu, mengingat bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sangat lazim digunakan dalam pergaulan internasional di bidang ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi.
Sebagai contoh, tidak jarang saya temukan temen-temen yang belajar tentang ilmu komputer (program, design, multimedia dsb) atau ilmu pariwisata menemukan kesulitan dalam proses pembelajaran dan pemanfaatannya karena mereka malas membaca petunjuk yang telah ditulis dalam bahasa Inggris oleh developernya atau buku-buku penunjang yang berbahasa inggris. Malas itu muncul karena kurangnya penguasaan akan bahasa Inggris.
Ironisnya, kita (ini buat yang ngaku ga tau ya) telah diajarkan bahasa Inggris semenjak SMP atau bahkan SD tapi sampai tamat kuliah pun kita tetap merasa tidak mengerti bahasa Inggris. Mungkinkah guru-guru kita dulu yang salah? Tentu tidak. Truss…Ya, salahnya terletak pada diri kita sendiri. Inilah kira-kira penyebab orang tidak bisa berbahasa Inggris:

  • Ada siswa menganggap bahasa Inggris sebagai monster. Jadi ketika pelajaran bahasa Inggris akan dimulai, mereka biasanya nongkrong di kantin atau di jalanan.
  • Tidak tahu fungsi bahasa Inggris. Karena tidak tahu untuk apa nantinya bahasa Inggris digunakan, ya mereka cuek bebek aja.
  • Tidak terpikat oleh bahasa Inggris. Biasanya, orang-orang yang dari kecilnya uda seneng menghafal dan menyanyikan lagu-lagu barat berbahasa Inggris akan merasa tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris.
  • Terlalu menilai bahasa Inggris itu susah. Apapun yang belum kita pelajari pasti kita anggap susah. Jadi, jangan takut untuk mempelajarinya. Kalau sudah jalan, pasti sedikit demi sedikit akan terasa semakin gampang.
  • Buku-buku pelajaran bahasa Inggris umumnya menggunakan kalimat-kalimat yang terlalu baku dalam menjelaskan. Coba ada buku bahasa Inggris yang menggunakan kalimat-kalimat gaul dengan gaya bahasa anak muda (atau kalo perlu menggunakan huruf besar kecil kayak di sms hehehe) dalam menjelaskan materi, interaktif, komunikatif dan menimbulkan daya tarik untuk dipelajari, saya jamin semua anak Indonesia bakalan fasih berbahasa Inggris.
Berdasarkan hasil surfing selama ini, saya menyimpulkan kalau orang-orang Indonesia lebih tertarik membaca blog atau postingan di forum-forum dalam mempelajari bahasa Inggris. Padahal mereka uda punya buku-buku tentang grammar dan tenses loh dirumahnya. Loh kok?

Penguasaan kosa kata atau lebih dikenal dengan istilah "vocabulary" menjadi sebuah keharusan bagi seseorang yang ingin memahami suatu bacaan, percakapan atau tulisan berbahasa Inggris. Tanpa kosakata yang cukup, mustahil bagi kita untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Sebuah pertanyaan klasik: "Bagaimana sih biar bisa berbahasa Inggris dengan baik dan lancar?". Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat beragam. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan benar-benar bagi para English Learner:

  • Harus ada kemauan. Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Orang yang tidak mempunyai kemauan yang kuat, mustahil ia bisa menguasainya. Kesulitan yang dijumpai kalo ada kemauan pasti dapat terselesaikan.
  • Jumlah vocabulary (kosa kata) yang cukup. Kosa kata dapat ditambah dengan membaca kamus, bacaan berbahasa Inggris ataupun hasil diskusi dengan teman anda.
  • Penggunaan kosa kata yang diperoleh pada setiap kesempatan berbicara, berpidato atau komunikasi lainnya yang menggunakan Bahasa Inggris. Inilah hal yang paling sering dilupakan oleh orang yang belajar bahasa Inggris. Walaupun jumlah kosa kata yang dimiliki banyak pada suatu waktu, namun jika tidak digunakan/dipraktekkan maka akan lupa beberapa saat kemudian. Oleh karena itu, gunakanlah kosa kata yang sudah dimiliki di berbagai kesempatan.
semoga bermanfaat yaa :)

jangan lupa follow blognya .


    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan berikan kritik dan saran tentang blog ini .
    bisa menggunakan Profile "Anonymous".

    Dilarang keras berkomentar yang menjelek-jelekkan blog ini dan menimbulkan SARA.