Website counter

Kamis, 23 Februari 2012

Tes Akademik dan Tips trik mempersiapkannya ^_^

Dalam USM STAN Tahap I , 

yang di ujikan hanya soal TPA ( 120 soal dalam 100 menit ) dan TBI ( 60 soal dalam 50 menit )
nah, kalian di haruskan untuk bisa lulus 1/3 dari jumlah soal TPA dan TBI ( nilai matinya ).
jadi untuk  di tahap I , kalian harus benar minimal untuk TPA 40 soal dan untuk TBI 20 soal.
nah,, untuk kelulusan nanti di rank Seluruh Indonesia. 
Dengan point tertinggi dan pastinya lulus nilai mati .
Ingat yaa kalo benar nilainya +4, kalo salah nilainya -1, kalo kosong nilainya 0.
biasanya sih kalo yang udah mencapai nilai 400, itu udah cukup aman kok buat lulus di tahap ini .
so buat kalian semua, persiapkan diri sebaik mungkin .
Jangan lupa untuk selalu berdoa, karena semua keputusan ada di tangan-Nya ^_^
keep trying and good luck :)

Tips dan Triknya 

  1. Perencanaan Ruang & Waktu
    • Periksa kalender, kemudian susunlah jadwal yang rapi. Misalnya dengan membuat timeline mengenai peristiwa-peristiwa yang penting.
    • Apakah di kotamu diadakan USM-STAN? Jika tidak, rencanakanlah untuk mengikutinya di kota terdekat/paling mudah dijangkau dari kotamu. Tidak usah memaksakan diri untuk mengikuti USM di Jakarta. Mengikuti ujian di kota kecil justru lebih menguntungkan. Misalnya saja, terhindar dari risiko kemacetan.
    • Jika kamu juga ingin mengikuti SNMPTN, pertimbangkan juga untuk mengikuti USM-STAN dan SNMPTN di satu kota saja karena biasanya kedua ujian itu hanya berselisih satu atau dua hari.
  1. Penguasaan Materi
USM-STAN cukup unik mengingat yang diujikan hanya ±180 soal kemampuan umum  dan bahasa Inggris dan hanya dikerjakan selama 150 menit.
    • Porsi terbesar dari ujian ini adalah 120 soal untuk Tes Kemampuan Umum (TKU). Sebagian besarnya merupakan soal-soal yang mirip dengan soal-soal tes IQ. Sedangkan sisanya adalah soal-soal yang menguji wawasan/pengetahuan umum, baik yang bersifat statis maupun yang berupacurrent issue. Saran kami, perbanyaklah latihan mengerjakan soal-soal tes IQ.
    • Lalu ada 60 soal bahasa Inggris. Soal-soalnya masih mirip dengan soal-soal UAN/SNMPTN. Persoalan lebih ditekankan pada masalah structure. Soal-soal vocabulary terkadang susah diterka tentang kata apa yang akan ditanyakan. Tapi kalau kamu mau, kamu juga bisa mempelajarinya. Ada aturan nilai mati, yaitu jika dari salah satu dari 3 bagian soal di atas jawaban benar yang kamu berikan kurang dari 1/3 nya (TKU 40, B. Ing 20) maka akan mendapat niali mati, berarti otomatis langsung gugur. Maka berhati2lah, dan siapkan strategimu sendiri untuk ini.
    • Percaya atau tidak, buku latihan soal STAN akan sangat membantu dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, jadi kami menyarankan milikilah paling tidak satu buku USM STAN. Dari pengalaman yang sudah-sudah memang jenis soal yang keluar tiap tahunnya banyak yang sama, hanya saja pengembangannya yang berbeda makanya kami sarankan. (tapi dikerjain latihan soalnya, jangan cuma buat pajangan di meja belajar)
  1. Persiapan H-7 s. d. H-2
Jika kamu mengikuti ujian di luar kota, usahakan untuk berada di kota tersebut seminggu sebelum ujian dilaksanakan atau minimal sehari sebelum Ujian. Hal ini untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan, seperti susahnya mencari sarana transportasi. Selama di kota ini, kamu bisa mengenali lingkungannya, misalnya tentang jalan pintas yg bisa diambil untuk mencapai lokasi ujian dan jam-jam sibuk/rawan macet di daerah tersebut. Jangan lupa tetap belajar! (ini yang penting)
  1. Persiapan H-1
    • Kurangi porsi belajar, hiruplah udara segar. Fisikmu pasti akan lelah jika terus dipaksa belajar. Dalam ujian STAN yang dibutuhin adalah otak yang segar dan yang lagi encer2nya, jadi usahakan jangan sampai begadang.
    • Tinjau lokasi ujian (lebih baik pada sore hari karena petugas biasanya baru menata ruang ujian pada saat itu). Pulang dari sana, kamu bisa belanja alat tulis (penting: pensil 2B, penghapus yang lembut, peruncing, dan alas tulis —karena tidak semua meja ujian permukaannya rata. Jangan lupa istirahat secukupnya!
  1. Hari-H
    • Bangun pagi, berdoalah agar hati lebih yakin dan tenang. Sarapan pagi, kompromilah dengan perutmu. Kalo perlu buang semua kotoran di perutmu dulu, jangan sampai hal itu mengganggu kamu dalam mengerjakan soal (serius nih!)
    • Bawa jam tangan supaya kamu bisa merencanakan alokasi waktumu dalam mengerjakan soal
    • Sebelum berangkat, mintalah restu orang tua. Hal ini bisa menambah semangat, dan ingat restu orang tua tu salah satu doa yang paling ampuh loh. Tetapi jika tidak memungkinkan, misalnya karena kamu mengikuti ujian di luar kota, ya tidak usah terlalu dipaksakan.
    • Usahakan tiba di tempat ujian pada waktu yang tepat. Jika terlalu lambat, kamu akan kehilangan rasa percaya diri. Jika terlalu cepat, mungkin kamu akan bosan menunggu dan kehilangan fokus. Idealnya, hadirlah ±30 menit sebelum ujian dimulai. Cari tahu kapan pastinya ujian dimulai!
    • Tips dari kami, kerjakan soal dalam 3 tahap; yang mudah, yang sedang, kemudian yang sulit. Hal ini akan sangat membantu mengefisienkan waktumu dalam mengerjakan soal (Bobot nilai soal yang sulit dan yang mudah kan sama aja. Kalo kamu mengorbankan waktu buat 4 soal mudah untuk 1 soal sulit berarti kamu telah membuat kerugian bagi diri kamu sendiri kan?)  Teliti dan cermatlah dalam mengerjakan soal, terkadang memang ada soal yang sengaja dibuat tidak ada jawabannya, jadi jangan terkecoh dan memaksakan diri untuk mengerjakannya. Ga usah liat ke kanan-kirimu. Jika ternyata peserta di sebelahmu kelihatannya lebih jago, kamu bisa grogi. Santai aja. Yang mengerjakan soal paling banyak dan paling cepat selesai belum tentu lulus kok!  Setelah mengerjakan soal, berarti semua yang bisa kamu lakukan telah kamu selesaikan. You did your best, so let your fate do the rest.
  1. Soal-soal yang harus diperhatikan
    • Soal urutan. Misalnya, “di sebuah acara ada 6 orang (A,B,C,D,E,F) yang harus berpidato dengan aturan; B pasti menjadi penutup acara, F berpidato setelah C, E tidak pada urutan pertama pidato dan A & B setelah F baru berpidato”. Soal ini merupakan salah satu soal yang paling banyak menguras waktu untuk berpikir. Jadi, kerjakan soal tipe ini pada saat kamu sudah tidak bisa mengerjakan yang lainnya. Namun biasanya dalam satu kasus di atas akan menjadi 4-6 soal yang berarti mempunyai banyak poin. Untuk lebih baiknya, sering-seringlah berlatih dengan jenis soal seperti ini.
    • Soal penalaran. Kuncinya: jangan terpaku pada realitas yang ada di dunia ini. Misalnya saja, “jalan tol hanya untuk kendaraan roda 4, sedangkan becak beroda 4, maka…”. Jika memang soalnya begitu, pasti jawabannya ” becak boleh lewat jalan tol” atau yang pengertiannya sejalan dengan itu. Jangan bersikeras dan terpaku pada kenyataan bahwa becak beroda 3 dan tidak boleh lewat jalan tol. Sekali lagi, asumsikan bahwa semua pernyataan pada soal adalah benar.
    • Soal bahasa Inggris: ga ada triknya . Cuma kalo kemampuanmu terbatas (cuma bisa ngerjain sedikit soal), tembak aja yang lainnya untuk memenuhi ketentuan nilai mati (1/3 soal harus terjawab benar).Yups, mungkin itulah beberapa tips dan trik yang kami buat berdasarkan pengalaman kami pribadi. Memang kami tidak menjamin bahwa dengan membaca dan mempraktekkan semua yang kami tulis di atas kamu bisa lulus Ujian Saringan Masuk STAN 2011, tapi paling tidak kami berharap semua yang kami tulis ini dapat berguna bagi anda sekalian. Tetaplah berdoa dan berusaha.




TIPS MENGERJAKAN SOAL:

“Inti dalam mengerjakan soal adalah CEPAT dan BENAR, caranya dengan MENDAHULUKAN MENGERJAKAN SOAL-SOAL YG MUDAH.”
Berikut tips saat mengerjakan soal
a. Konsentrasi, usahakan sekali membaca soal langsung tahu maksud pertanyaannya
b. Kerjakan soal2 yang mudah dulu,
c. Pengalaman, Banyak yang terjebak di soal2 yg sulit yg justru menghabiskan banyak waktu, Untuk soal2 yang sulit, lewati saja, kerjakan yang mudah dulu, karena bobot nilai soal mudah dan soal sulit sama saja, benar +4 dan salah -1 . Sebagai gambaran, Kalo kita habisin waktu buat ngerjain 1 soal sulit, yang sebenarnya bisa buat ngerjain 3 soal mudah, maka bisa dikatakan kita udah bikin kerugian. Ingat, waktu terbatas.
d. PENTING!! Perhatikan juga jumlah soal yang kita kerjakan pada tiap tipe soal, hal ini terkait dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bhs inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur. Sebagai gambaran: TPA bener smua 120 soal, tapi B inggris cuma bener 19, ini berarti: walaupun jawaban yg benar banyak,ini tetep gugur di USM STAN karena nggak lulus nilai mati B inggris.
e. Dan jangan lupa manajemen waktu (bawa jam tangan), Gunakan waktu seefisien dan seefektif mungkin. waktunya sangat terbatas, 180 soal dalam 150 menit. jadi sangat diperlukan kecepatan dalam mengerjakan (kecepatan mengerjakan dapat dilatih dengan terbiasa mengerjakan soal).
f. TIPS INI OPSTIONAL, Usahakan bisa selesai semua 180 soal (memang pada umumnya para peserta tidak bisa selesai), kalo saya dulu 180 soal saya jawab semua (walopun ada jawaban yg ngawuuuurrrr… hhe..) karena berdasarkan pengalaman saya “lebih baik dijawab daripada ga dijawab”, tapi ngawurnya ya jangan ngasal. Lumayan lho kalo ngawurnya bener ya dpt poin +4. Semakin banyak yg dijawab, semakin banyak peluang jawaban yang benar, dan kesempatan masuk STAN jg semakin terbuka, begitu kira2…
g. Oya, PENTING!! Jangan lupa pas melingkari jawaban di lembar jawaban sambil baca do’a (ex=basmalah), apalagi jawaban yg “ngawur”, insyaAllah ngawurnya bisa benar, hehe….
TAMBAHAN: Tipe soal bahasa inggris adalah yang SULIT, model soal TOEFL. Pada tahun2 sebelumnya banyak yang gugur di USM STAN karena terkena nilai mati bhs inggris. Jadi untuk tipe soal B inggris perlu lebih ditekankan. Jadi, SARAN aja!! Boleh ditiru boleh tidak, Untuk soal bhs inggris mungkin lebih baik 60 soal dijawab semua,jadi kalo kita jawab semua nanti paling tidak minimal benar 20 soal, hal ini untuk menghindari nilai mati, karena memang banyak yang tidak lulus karena terkena nilai mati bhs Inggris.
Demikian, tips di atas hanya untuk berbagi dan memberi gambaran ttg USM STAN. Tips ini hanyalah bersifat subyektif dari saya sendiri, kalo cocok ya silakan, tapi kalo ga ya ga pa2. Karena cara orang yg satu dgn yg lain bisa berbeda2.
Kami tunggu kehadiran teman-teman di kampus perjuangan
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
SUKSES UNTUK USM STAN 2012!!!
TETAP SEMANGAT agan dan aganwati  :)

1 komentar:

  1. terima kasih atas trick dan tipsnya.
    insyaAllah SAYA LULUS di STAN
    Amin, Amin, Amin ya ALLAH.

    BalasHapus

Silahkan berikan kritik dan saran tentang blog ini .
bisa menggunakan Profile "Anonymous".

Dilarang keras berkomentar yang menjelek-jelekkan blog ini dan menimbulkan SARA.